Mazda MX-5 RF 2020

Selama tiga dekade, Mazda MX-5 telah menjadi pilihan de facto bagi mereka yang menginginkan roadster kecil. Lebih dari satu juta contoh dalam empat generasi telah terjual, menjadikannya mobil sport dua kursi paling populer di dunia dengan selisih yang cukup besar.

Di Inggris, MX-5 diluncurkan pada tahun 1990 dengan samaran generasi pertamanya – Sekarang menggunakan model Mk4, yang dikenal sebagai MX-5 ND untuk para penggemar. Sudah dijual sejak 2015, tetapi mengalami beberapa tweak pada tahun 2018 yang membeli lebih banyak daya untuk mesin 2.0 liter range-topping. Sebelum facelift, mesin 1.5 liter yang lebih kecil adalah favorit kami dalam jajaran produk ini, tetapi karena peningkatan dorongan ekstra dari 2.0 liter berarti itu sepadan dengan biaya ekstra.

Pemutakhiran 2018 itu juga membawa peningkatan pada kenyamanan, kemudahan, dan fitur keselamatan, yang utamanya adalah pengenalan roda kemudi yang dapat disesuaikan, membuat hidup jauh lebih nyaman bagi pengemudi. Tapi terlepas dari model tahun, MX-5 tetap kompak, penggerak roda belakang dan convertible.

MX-5 bekerja tanpa kerumitan tambahan jika diperlukan. Ini paling baik diwujudkan dalam atap kain, yang dioperasikan secara manual. Pengoprasian atap MX-5 sederhana dan mudah, tidak membutuhkan apa pun yang lebih menarik selain ayunan lengan. Yang terbaik dari semuanya, ini dicapai dalam hitungan detik.

Interior Mazda MX-5

Jika Anda pernah duduk di salah satu dari tiga generasi pertama Mazda MX-5, Anda akan menemukan tata letak interior kabin Mk4, dan beberapa detailnya. Ini bukan hal yang buruk, karena fokus di sini juga tegas membuat pengemudi semudah mungkin. Membagi kabin menjadi dua adalah terowongan transmisi tinggi, dengan gearlever gemuk ditempatkan dengan sempurna untuk jatuh ke tangan dengan mudah. Perubahan mekanis yang presisi dan apik memiliki pengaruh kuat pada seberapa kuat dan baik MX-5 terasa, dan rasa kontrol langsung disesuaikan dengan penyediaan rem tangan manual konvensional yang diposisikan dalam jangkauan yang mudah.

Putaran udara ada di sana, dan meskipun dashboard yang tidak benar-benar memiringkan diri ke arah pengemudi, desainnya memiliki simetri di depan pengemudi yang membuatnya merasa fokus dan relatif berpikiran tunggal. Penghitung putaran tengah membuat Anda tetap fokus, dan meskipun speedo – diimbangi di sebelah kanan binnacle – cukup kecil, desain panel putih-hitam ini bersih, jernih, dan mudah dibaca.

Model Nav SE-L dan mendapat manfaat dari layar 7,0 inci yang menonjol, yang menampilkan sistem infotainment MZD Connect dari Mazda. Ini adalah sistem yang mudah dan intuitif, dan kami pikir itu bekerja dengan sangat baik.

Pembaruan lain untuk 2019 termasuk pemegang cup yang lebih kuat dan mekanisme operasi yang lebih halus untuk sandaran kursi dan pintu. Sekali lagi, semua perubahan ini dilakukan karena umpan balik pelanggan.

Performa Mazda MX-5

Jika kinerja dari Mazda MX-5 Anda adalah prioritas, maka itu adalah mesin 2,0 liter yang harus Anda beli karena lebih cepat daripada mesin 1,5 liter.

Tentang mesin 1,5 liter di Mazda MX-5 adalah bahwa ia revs ke 7.500 rpm sebelum mencapai pembatasnya. Itu adalah ketinggian yang memabukkan oleh sebagian besar standar, dan menunjukkan motor yang senang bekerja keras. Pada sisi negatifnya, Anda harus bekerja keras untuk membuat kemajuan cerdas; 1,5 hanya menyediakan 131hp penuh pada 7,000rpm, di samping hanya 150Nm torsi.

Situasi itu berubah pada bulan September 2018 ketika Mazda meluncurkan versi baru dari mesin 2.0 liter dengan daya tarikan 184hp dan 205Nm. Fitur-fitur ini memiliki perubahan yang jauh lebih luas daripada mesin 1.5 liter yang diperbarui, dengan modifikasi pada sistem pemasukan dan pembuangan serta banyak komponen internal penting. Hasilnya, mobil ini tidak hanya lebih bertenaga dari sebelumnya, tetapi juga mencapai batas 7.500rpm yang sama dengan mobil 1.5 liter. Ini berarti 2.0-liter baru menggabungkan kecepatan yang jauh lebih besar – 0-62mph sekarang hanya membutuhkan waktu 6,5 detik.

close